Tuesday, April 21, 2020

KESEMPATAN YANG TERBAIK


Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik (Efesus 2:10).

Hari kemarin seorang teman mengunggah sedang berada di sebuah rumah makan yang tidak terlalu jauh dari rumahku. Segera saja kuminta mampir ke warung kami.
“Kamu gak mancing,” tanyanya lewat grup whatshapp. Beberapa waktu lalu saat dia mau mampir, sudah sampai di warung, kami sedang mancing di Ponjong.
“Tidak “, jawabku.
Tidak sampai 15 menit dia sudah sampai di warung. Lalu kami berbincang banyak dan lama. Pengalamannya soal sedekah.  Saat ingin ganti mobil, yang lama dia berikan Cuma-Cuma. Lalu tak lama kemudian datanglah rejeki dari arah yang tidak dia sangka, sehingga mampu beli mobil yang diinginkan. Saat ada teman datang dalam keadaan kesulitan minta dipinjami uang. Lalu dia bilang : punya aset apa, itu juallah dahulu.
Lalu Budi bayar tanah milik teman  agar bisa untuk bayar hutang. Langsung dibayar sesuai dengan permintaan harga, tanpa menawar. Begitu juga saat datang lagi seorang teman yang terjerat hutang. Hanya punya mobil BMW lama yang rusak dan  beberapa tahun tidak dibayar pajaknya. Karena niat membantu teman, Budi bayar mobil itu sesuai harga yang diminta, walau masih harus servis dan bayar pajak yang lumayan banyak. Lalu ada cerita saat bapaknya ditabrak anak sekolah yang ortunya tidak punya.  Kondisi bapaknya tidak bisa pulih hingga saat ini, harus menjalani terapi. Namun Budi memutuskan untuk tidak menuntut  anak itu, urusan di polisi diselesaikan secara kekeluargaan, motor yang ditahan dibayar biayanya, lalu anak itu diundang ke rumah untuk dikasih tahu tidak  perlu membayar biaya rumah sakit bapaknya.

Kesempatan berbuat baik selalu datang dari mana saja, setiap waktu bisa menghampiri kita. Kadang kita berkilah : tidak punya uang, sedang susah kok  membantu orang,  tidak punya waktu. Tinggal keberanian kita untuk memutuskan berbuat. Hati nurani yang menyalakan alarm saat ada ketidakberesan yang harus kita bantu menjadi semacam bukti bahwa kita adalah citra Allah.  Maka mari kita cari kesempatan berbuat baik sebanyak-banyaknya untuk memuliakan Allah.

2019 20 nov


No comments:

Post a Comment