Friday, December 9, 2011

Memandang laut lepas dari Kukup Beach Nature Inn

Gambar hotel tampak depan
Tanggal 9 Desember, saya bersama Mas Agung dan Elok ke Pantai Kukup untuk survey hotel. Ada sebuah hotel yang paling besar di sini, dimiliki oleh Pak Hardi, seorang pengusaha tiket bus di terminal Wonosari. Hotel yang namanya tidak mudah diingat, karena namanya tidak praktis dan pakai bahasa asing lagi, tempatnya sangat strategis karena paling dekat dengan pantai. Letaknya di belakang pendopo Pantai Kukup,  mobil bisa masuk ke halaman bahkan sampai atas bukit.


Hotel Kukup
Walaupun letaknya paling dekat pantai sayangnya bangunan tidak terlalu kelihatan karena tertutup bangunan homestay milik pemda. Bangunan Hotel Kukup tidak terlalu istimewa, terkesan kaku. Nampaknya kurang sentuhan seni dari sang pemilik. Sebenarnya dari letaknya  yang ada di bukit, punya peluang di bangun hotel yang artistik.

Namun nampaknya pemilik hotel tersebut sudah berusaha banyak untuk mengembangkan infrastrukturnya. Yang paling diutamakan adalah jalan. Ada jalan memutar yang bila diikuti sampai di puncak bukit. Lokasi ini baru kali ini saya masuki karena berada di tanah privat. Sebagai lokasi yang bersifat privat, tentu punya peluang untuk dikembangkan lebih lanjut. pemandangan dari puncak bukit langsung mengarah ke laut lepas.


pemandangan dari atas bukit
gubug kecil di kejauhan

Sayang kami di sini masing siang hari. Saya yakin bila mendekati matahari tenggelam pemandanganya akan indah. Mobil  jenis suv seperti Atoz yang kami pakai atau avanza bisa mendekati puncak ini. Untuk jenis hardtop saya kira bisa nekad sampai puncak.
mendaki bukit dengan Atoz
Tempat ini punya peluang untuk dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik.  Kondisi saat ini memang masih berproses. Pemiliknya kelihatan berusaha membangung sedikit demi sedikit, terutama masalah jalan. Untuk penghijauan, pengelola menanami kawasan bukit dengan berbagi tanaman keras seperti cemara.
Sebagai kawasan wisata yang sangat terkenal, sudah sepantasnya jika Kukup didukung oleh sektor perhotelan sehingga wisatawan bisa menginap dan menikmati keindahan pantai. Dampaknya tentu bisa dirasakan oleh pelaku usaha, wisatawan menginap akan lebih banyak membelanjakan uangnya di sini sehigga bisa menggerakkan sektor riil ekonomi loka.


Selanjutnya....

Sebelumnya ......

No comments:

Post a Comment