Wednesday, December 7, 2011

Catopsilia sp.: Kupu kecil dari Perbukitan karst

Catopsilia sp. adalah nama untuk suatu jenis kupu kupu yang banyak ditemukan di daerah karst Gunungkidul. Kupu-kupu ini terbang secara bergerombol dan mempunyai kebiasaan hinggap di tanah-tanah basah. Pada waktu saya masih kecil,  saya sering melihat kupu-kupu ini dalam jumlah ratusan terbang dan hinggap di tepian sungai belakang rumah. Saat ini fenomena tersebut sudah tidak saya jumpai lagi. Belum lama ini saya juga mengamatinya  di Pantai Baron, Gunungkidul. Sekumpulan Catopsilia sp. hinggap di hamparan pasir pantai yang masih basah. Ketika didekati dalam jarak 2 meter saja ternyata mereka sudah bisa mendeteksi kehadiran manusia , kemudian terbang menghindar.
sekumpulan Catopsilia sp. hinggap di pasir pantai Baron

Ternyata sebaranya cukup luas sampai daerah pantai. Mereka hinggap di pasir tepi pantai.Saya menduga kebiasaan hinggap pada tempat-tempat basah ini  berkaitan dengan  perilaku menghisap untuk mendapatkan  mineral-mineral tertentu.
Catopsilia sp. hinggap di bunga kertas (foto oleh Eddy Guano )
 Selain hinggap di tempat basah tentu saja seperti umumnya kupu-kupu, mereka juga suka hinggap pada bunga. Rekan saya , Eddy Guano, member catatan untuk jenis ini. Bila sudah sering ditemui, biasanya pada awal musim hujan, tandaya akan segera musim ulat trembesi. Fenonema ini terjadi di daerah karst Gunungkidul..

No comments:

Post a Comment